Monday, April 19, 2010

Cara Termudah Membuat Pencatatan Perkawinan Ikan Cupang

Gue orang yang punya banyak kekurangan, salah satunya adalah sifat pelupa. Udah gak keitung lupa apa aja. kadang lupa bawa dompet, lupa bawa duit, lupa kerjaan... banyak dah.

Tapi untuk hobi baru gue ini, ada sedikit perubahan terjadi. disamping banyak juga masukan dari teman-teman sesama pecinta Cupang.

Gue mulai catetin tuh contekan yang gue dapet secara serabutan. Mulai dari catetan tentang Genetika, Air, Penyakit... sampe yang terakhir bikin pencatatan line dan spawn log (breeding).

Untuk mempermudah ingatan ada satu metode yang gue anggap paling mujarab dalam melakukan pencatatan perkawinan (pembiakan cupang). Gue melakukan pembiakan disesuaikan dengan jadwal kontes (baik regional, maupun Nasional), yah minimum kontes yang sekitaran pulau Jawa aja. kalo gak ada, baru tanggal kontes di daerah lain yang jadi acuan.

caranya mudah:
Penamaan lubuk, gue pake kode
DEPOK ABC 1 - n,
BEKASI 1-n,
FATMAWATI LG 1-n,
CIPUTAT 1-n, sampe terakhir
PENINGGILAN APR 1-n.

toh kalo gue lupa, tinggal calling temen2, tentang pelaksanaan waktu kontes

ini juga gue lakukan setiap ada ikan baru (beli or dikasih)

contoh:
EL CT00015 :
Kode, JAYA 5. jenis: Platinum CT. Age: 5 Months, Size: 5 cm. Date: H-7 FATMAWATI LG dan seterusnya.

Tar pas ngawinin enak juga itung2an umurnye, dan kodefikasinya

contoh:
Lubuk CIPUTAT 1

PK 1 pairs: (JAYA 1) Blue Marble Male (size, age) X (AMAN 1) Red Dragon Female (sex age), experimen No: 9, P0 (Parental)

artinya:
ikan cowok yang gue dapet dari Jaya gue kawinin sama ikan cewe dari aman. status mereka dalam line adalah parental.

Lubuk CIPUTAT 2
HM Pairs 2: (Nino 1) Black Copper Male (5,5 cm, 6 months) X (Deddy 1) Abu (Steel Blue) Female (5cm, nn) Experimen No. 10 (Parental)

Ikan Cowok gue lupa dari mana, cewek dikasih Deddy. Parental dan dikawinin pas kontes ciputat.

Beberapa teman menyarankan melakukan pencatatan reguler untuk semua ikan gue. menyenangkan memang.


terus gimana cara anda?

Knowledge is not mine and never be mine, it belongs to everyone who had will to have and spread it

No comments:

Post a Comment